Image of Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah dan Masyarakat

Text

Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah dan Masyarakat



Perkembangan media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi, berkembang cepat seiring kemajuan teknologi. Ragam dan jenis media dari yang dianggap konvensional, tradisional dan sederhana hingga media canggih, mutakhir dan kekinian, sewajarnya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kondisi, waktu, keuangan, materi, maupun audiens secara tepat.
Media memiliki kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan edukasi, kehadiran media tidak hanya membantu pengajar dalam menyampaikan materi ajarnya, tapi memberi nilai tambah secara bermakna dalam kegiatan pembelajaran seperti materi terserap hingga pengetahuan dan keterampilan dapat dikuasai peserta didik secara tepat. Hal ini sejalan dengan pemenuhan SDM Indonesia yang dituntut memenuhi kebutuhan kecakapan abad ke-21 di era revolusi industri 4.0 seperti memiiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan berpikir kritis, kreatif, keterampilan berkomunikasi, dan kolaborasi.
Buku ini menguraikan secara ringkas dan memadai tentang pengertian, perkembangan, landasan teoretis, ciri-ciri, fungsi, peran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. kajian ragam, taksonomi dan hierarki, komponen, karakteristik dan model dalam media. Selanjutnya dikaji media pembelajaran yang tengah menjadi tren pada saat ini berupa media komik pembelajaran, modul, media audio pembelajaran, video pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, multimedia dalam pembelajaran, model pembelajaran berbasis WEB (e-learning) dan WEBLOG.
Karakteristik dan kemampuan media yang terus berkembang ini perlu mendapatkan perhatian sehingga pembaca dapat memilih media yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi, sehingga secara signifikan mendukung proses dan hasil pembelajaran. Kompetensi dan keterampilan dalam pengembangan media ini dapat mendukung budaya pembelajaran berpikir tingkat tinggi, kontekstual, holistik, sekaligus menunjang kecakapan hidup (hardskill dan softskill).
Buku Pengembangan Media Pembelajaran ini hadir untuk memenuhi referensi, dan bahan analisis yang akan menambah pemahaman konsep dan keterampilan bagaimana mengembangkan dan menggunakan media khususnya dalam pembelajaran formal maupun nonformal. Sehingga buku ini penting bagi para pendidik di sekolah maupun pendidik di masyarakat, seperti guru dari SD hingga SMA, tutor, instruktur, presenter, widyaiswara, penyuluh bahkan mahasiswa S-1 hingga S-3.


Ketersediaan

1023994101371.3 KUS pRuang PerpustakaanTersedia
1023995102371.3 KUS pRuang PerpustakaanSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2021-03-25)
1023996103371.3 KUS pRuang PerpustakaanSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2021-03-03)
1024679104371.3 KUS p C-4Ruang PerpustakaanSedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2021-03-29)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 KUS p
Penerbit PrenadaMedia Goup : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
x + 306 hlm.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-218-359-9
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan ke-1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this